Saturday, October 22, 2011

Renungan malam ini

   
Indahnya langit malam ini. Aku bersama nenekku tiduran di depan teras beralaskan tikar dan menatap langit yang tenang, indah, penuh gemerlap bintang yang mampu menghibur diriku.


    Dimalam itu nenekku bnyak bercerita tentang dirinya di masa zaman belanda, aku mendengarkan dengan
seksama, pelan, dan penuh perhatian. Beliau bercerita betapa sulitnya hidup di waktu itu, beliau harus menjual hasil taninya di pasar yang berjarak kira-kira 20km tanpa menunggai apapun, beliau berjalan menyusuri  jalanan disaat pagi buta, beliau berjalan bersama dengan kakek, sanak saudara dan teman yang sama-sama ingin menjual hasil taninya.

Aku merinding mendengarkannya, penuh perjuangan, penuh pengorbanan dan jerih paya untuk  membahagiakan anak dan cucunya. Aku salut atas semangatnya untuk hidup. Kerasnya  kehidupan di masa itu dilaluinya tanpa mengeluh, penuh ikhlas dan optimis akan hidupnya.

Memang begitulah kehidupan di desa. Mudah sekali mendapatkan ketentraman hati. Keseharian di desa begitu nyaman, kerukunan dan kekeluargaan menjadi yang utama, saat adzan berkumandang semua orang keluar dari rumah untuk berkumpul di musholla untuk sholat, selesai itu mereka masih belajar bersama, tentang keagamaan, tua, muda semua semangat untuk belajar.

Diriku semakin terenyuh ketika malam semakin sunyi, aku kangen waktu itu dan aku kangen suasana masa itu. “Andai aku bisa merasakan hari-hari itu” gumam dalam hati.

Kulambungkan pandanganku jauh ke langit  dan terpintas dalam hatiku “ternyata ketentraman dalam hati tidak diperoleh dengan uang yang banyak, rumah yang megah, mobil yang mewah dan sebagainya, tetapi ketentraman jiwa itu dapat aku peroleh dari diri sendiri, dan dari hal yang yang kecil yang ada disekitarku”.

9 komentar:

(tuan) Putrie Jrs ♛ said...

Putrie Jrs says:
semoga suasana itu bisa cepat terulang.,. :)

Awan said...

“ternyata ketentraman dalam hati tidak diperoleh dengan uang yang banyak, rumah yang megah, mobil yang mewah dan sebagainya, tetapi ketentraman jiwa itu dapat aku peroleh dari diri sendiri, dan dari hal yang yang kecil yang ada disekitarku”.

mantep tuh, nice post bro d^^b

Unknown said...

@ putri : iya sob amin.., aku kangen akan kenyamanan hari itu., pasti tak ada rasa galau.

@ awan : makasih mas, mari kita cari ketentraman itu.

Unknown said...

Indah nian tempat itu pastinya ..
Membawa kedamaian jiwa ..
Good .. :))

PS Holic said...

kehidupan desa maupun kota tidak dilihat dari alat transportasi atau tampilannya, namun dari kultur kehidupannya..

Unknown said...

@ my collection : hehehe iya sob zaman sekarang sulit dicari tempat kyk gtu.

@ ps holic : iyap bener banget, kultur kehidupan itulah yang juga membawa suasana nyaman dan tenang.

(tuan) Putrie Jrs ♛ said...

hopely can feel that signs..

Septian Dwi said...

back to nature yoooo
koyo harvest moon ae.....

kunjungi balik yo dek...., n komment

Unknown said...

@ putri : amin..

@ cari kerja : waahh seneng PS.an mas iki.. hehehe :D

Post a Comment